Tuesday, August 28, 2012

Masa Pendudukan Militer Jepang Di Indonesia (1)

Pertemuan Ke-1


Standar Kompetensi :
1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia

Kompetensi Dasar    :
1.1.   Mendeskripsikan Perang Dunia I dan II ( termasuk pendudukan Jepang ) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, politik di Indonesia.

Tujuan Pembelajaran  :
Setelah mempelajari materi Perang Dunia I dan II, siswa diharapkan mampu ;
  1. Mendeskripsikan kronologis proses pendudukan Jepang di Indonesia
  2. Mendeskripsikan dampak pendudukan Jepang bagi Indonesia
  3. Menguraikan cara yang dilakukan Jepang untuk mengekploitasi kekayaan alam dan tenaga kerja Indonesia
  4. Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia pada masa pendudukan Jepang.

A.  Perang Asia Pasifik dan Proses Kedatangan Jepang ke Indonesia
       Latar belakang pendudukan Jepang di Indonesia adalah akibat kemajuan industri negara Jepang yang tidak di barengi dengan ketersediaan bahan baku yang menunjang. Untuk keperluan industrinya Jepang mencari daerah-daerah   penghasil bahan baku di Asia Pasifik termasuk Indonesia.
      Gerak maju militer Jepang ke Indonesia merupakan bagian dari perang dunia II. Dalam PD II tersebut Jepang berusaha menguasai daerah-daerah Asia Pasifik termasuk Korea Selatan dan Asia Tenggara. Pada tanggal 7 Desember 1941 Jepang menyerbu pangkalan Laut Amerika Serikat di Pearl Habour. Amerika Serikat marah kemudian menuntut balas dan mengumumkan perang dengan Jepang sehingga terjadi perang Asia Pasifik ( perang Asia Timur Raya ).
       Setelah menyerang Pearl Habour, dengan strategi perang kilat dalam waktu cepat Jepang berhasil menguasai daearah-daerah Asia Pasifik termasuk Indonesia.
      Pendudukan Jepang di Indonesia diawali dengan pendaratan di kota Tarakan pada tanggal 10 Januari 1942, selanjutnya menduduki Minahasa, Balikpapan, Ambon, Pontianak, Makassar, Banjarmasin, dan Bali antara Januari-Pebruari 1942.
      Pendaratan pasukanJepang dibawah pimpinan Jendral Hitoshi Imamura di pulau Jawa pada tanggal 1 Maret 1942 dilakukan di 3 tempat yaitu Banten, Indramayu, dan Bojonegoro.
      Jepang berhasil mengalahkan Belanda di Indonesia.Pada tanggal 8 Maret 1942 , Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati kabupaten Subang, dari Jendral Terpoonten di pihak Belanda kepada Jendral Imamura dari pihak Jepang. Sejak itulah Jepang resmi menjajah Indonesia
Sumber gbr dari news.viva.co.id

No comments:

Post a Comment