Friday, February 12, 2016

ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN

TEORI ORGANISASI
Teori Organisasi
1.Arti Teori
Teori dalam analisis keilmuan
2.Arti Organisasi
Arti Etimologis
Organ ; tubuh atau alat tubuh yang berfungsi tertentu;alat perkumpulan;alat musik
 Organisasi;tubuh atau alat tubuh;aturan;susunan;perkumpulan dari kelompok orang tertentu dengan dasar ideologi yang sama
 Arti Termonologis
 Organisasi adalah kesatuan atau entity sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relative dapat diidentifikasikan,yang bekerja atas dasar yang relative terus menerus untuk mencapai suatu tujuan berasama atau kelompok tujuan.
3. Arti Teori Organisasi
 Teori organisasi (TO) adalah disiplin ilmu yang mempelajari struktur dan desain organisasi.Teori organisasi menunjuk pada aspek-aspek deskriptif maupun reskriptif dari disiplin ilmu tersebut.
 Teori organisasi menjelaskan bagaimana organisasi sebenarnya distruktur dan menawarkan tentang bagaimana organisasi dapat dikontruksi guna meningkatkan keefektifan mereka.
a.Struktur Organisasi
Struktur Organisasi menetapkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa melapor kepada siapa,siapa mengerjakan apa dan mekanisme koordinasi yang formal serta pola interaksi yang diikuti
Ada 3 komponen dalam struktur organisasi
1. kompleksitas;adanya difrensiasi,spesialisasi dan tingkat pembagian kerja hierarki
2. Formalisasi;untuk mengatur dirinya menyadarkan kepada peraturan dan prosedur.
3. Sentralisasi;kekuasaan disebar ke bawah dalam hierarki pengambilan keputusan pada umumnya organisasi cenderung dalam pola sentralisasi dan desentralisasi sebagai dua ujung dari rangkaian kesatuan.
b.Desain Organisasi
Menekankan sisi manajemen dari teori organisasi;
 Desain organisasi mempertimbangkan kontruksi dan mengubah struktur organisasi untuk mencapai tujuan mungkin cara merancang organisasi dengan orientasi tujuan akan lebih diminati tentang bagaimana mendesain organisasi ketimbang hanya mengetahui bagaimana organisasi berfungsi.

c.Prilaku Organisasi
Prilaku Organisasi ( PO ) mengambil pandangan mikro,topik-topik mengenai prilaku individu yang secara khas dipelajari dalam PO adalah presepsi,nilai-nilai pengetahuan,motivasi serta kepribadian, termasuk didalamnya mengenai kelompok adalah peran status kepemimpinan, kekuasaan, komunikasi, dan konflik.Dalam PO konflik sebagai masalah “manusia” konflik antar pribadi dan antar kelompok,yang berasal dari perbedaan kepribadian dan komunikasi yang lemah termasuk masalah antar unit ( menurut teoritikus organisasi).

No comments:

Post a Comment