Friday, February 12, 2016

Contoh RPP Berkarakter Mata Pelajaran IPS Kelas IX


RENCANA PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN IPS

SMP / MTs                         :   SMP Negeri 7 Banjar
Mata Pelajaran                    :  Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester                 :  IX / I
Topik                                  :  Perang Duna II
Alokasi Waktu                    :  1X pertemuan (2JP)
Tahun Pelajaran                  : 2011/2012
KKM                                  : 7,00

A.                Standar Kompetensi
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
B.                 Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi dan politik di Indonesia
C.                Indikator Pencapaian Kompetensi
Mendeskripsikan secara kronologis perang dunia II dengan berpikir logis jalan Perang Dunia II
D.                Tujuan Pembelajaran
1.         Melalui media gambar, secara teliti dan cermat siswa mampu menunjukan dan mengurutkan kronologis gambar-gambar peristiwa yang berkaitan dengan perang dunia II.
2.         Melalui penjelasan guru dan penggunaan media gambar, siswa dapat menjelaskan secara kronologis jalannya perang dunia II, untuk menumbuhnya rasa cinta damai
3.         Melalui media gambar siswa, siswa  mengenal tokoh-tokoh perang dunia II dan menghargai prestasi mereka.
E.                 Karakter Peserta didik yang diharapkan
ü  Religius
ü  Disiplin
ü  Teliti
ü  Tanggungjawab
ü  Saling menghargai
ü  Cinta Damai

F.                 Deskripsi Materi Pelajaran
         Kronologis jalannya Perang Dunia II
Ø  Jerman menyerang Polandia pada tanggal 1 September 1939 sebagai negara netral yang akan mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari Inggris dan Prancis. Kemudian Jerman dengan mudah berhasil menaklukkan Denmark, Norwegia, Belanda, Belgia, Luxemburg, Prancis. Akibatnya, Inggris dan Prancis pada tanggal 3 September 1939 mengumumkan perang dengan Jerman yang didukung oleh Amerika dan Uni Soviet.
Ø  Memasuki tahun 1942 Jerman mengalami kekalahan setelah gagal menyerang Rusia, karena terkepung salju di kota Stalingrad.
Ø  Italia melancarkan serangan ke Yogaslavia dan Yunani.
Ø  Jepang menyerang pangkalan angkatan Laut Amerika Serikat (Pearl Harbour), dengan waktu yang relatif singkat. Jepang berhasil menguasai negara-negara di Asia Pasifik. Mulai saat itulah pecah perang Asia-Pasifik.
Ø  Italia mengalami kekalahan pada tanggal 4 Juni 1944 Musolini ditangkap pasukan sekutu.
Ø  Jepang mulai mendapat kekalahan dari sekutu dalam perang di Laut Karang tahun 1942. Pada tahun 1944, satu persatu pulau-pulau yang terletak diantara Australia dan Jepang dapat direbut dari tangan Jepang oleh sekutu, kemudian sekutu berhasill menjatuhkan bom atom di Hirosima dan Nagasaki tanggal 6 dan 9 Agustus 1945.
Ø  Perang dunia II berakhir pada tahun 1942 dengan kemenangan di pihak sekutu, yang di tandai dengan perjanjian Postdam antara sekutu dan Jerman pada tanggal 2 Agustus 1945, perdamaian paris antara Italia dan sekutu, dan penyerahan Jepang kepada sekutu tanggal 2 September 1945 yang dilakukan di kapal Missaori di Teluk Tokyo.
G.                Alokasi Waktu
2 Jam Pelajaran ( 1 X Peremuan ) / 80 menit

H.                Metode Pembelajaran
a)      Model Pembelajaran             =  Picture And Picture
b)      Pendekatan                            =  Student Oriented Centries ( Inquiry)
c)      Metode                                   =  Ceramah,tanya jawab dan diskusi kelompok

I.                   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a.  Pendahuluan (10 menit)
·         Apersepsi
*      Salam dan berdoa untuk menanamkan karakter religius pada siswa
*      Mengabsen siswa untuk menanamkan karakter disiplin
*      Pre Test berkaitan dengan materi yang sudah dipelajari,antara lain:
Jelaskan penyebab mengapa permukaan bumi  bervariasi ??

·         Motivasi
*      Guru meminta siswa untuk menceritakan tentang perang, untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, cinta damai dan menghargai perbedaan.
*      Guru menjelaskan SK/KD yang akan dipelajari dan  tujuan pembelajaran

b.  Kegiatan inti ( 60  menit)
Eksplorasi
·         Guru menampilkan dua tokoh-tokoh yang terlibat dalam perang dunia II dan siswa diminta untuk menyebutkan nama tokoh tersebut.
·         Guru bertanya untuk menggali pengetahuan peserta didik tentang materi yang akan dipelajari , contohnya :
Mengapa disebut perang dunia ???? bukan perang lokal atau perang antar Negara
·       Guru menayangkan cuplikan perang dunia II di medan Afrika utara dan peristiwa jatuhnya bom atom ( 7 menit)
·       Guru meminta siswa untuk mengomentari film perang tersebut.

Elaborasi
·         Guru membagi siswa kedalam enam kelompok, masing-masing beranggotakan 5 siswa
·         Guru menyajikan materi kronologis jalannya perang dunia II secara garis besarnya.
·         Guru memperlihatkan penggalan-penggalan foto/gambar tentang peristiwa kronologis perang dunia II dan membagikan ke masing-masing kelompok gambar yang berbeda.
·         Siswa secara diskusi mengamati dan mengurutkan gambar peristiwa perang tersebut sesuai dengan tanggal dan tahun kejadian.
·         Guru memanggil  siswa dari masing-masing kelompok secara bergantian mengurutkan gambar-gambar kejadian perang dunia II secara kronologis dan gambar tesebut dikalungkan di leher.
·         Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran siswa, mengurutkan gambar sesuai peristiwa kejadian
·         Guru memberikan penilaian terhadap tindakan siswa,

  Konfirmasi:
·      Guru menunjuk satu siswa untuk menjelaskan secara kronologis jalannya perang dunia II dengan media bantu gambar-gambar peristiwa yang sudah diurutkan/disusun
·         Memberi kesempatan siswa untuk bertanya.
·         Guru menceritakan kasus tawuran antar pelajar yang sering terjadi akhir-akhir ini dan meminta siswa berpendapat.Apakah peristiwa tawuran yang terjadi tersebut dapat menjadi bibit pemicu pecahnya perang ?.

c.  Penutup (10 menit)
·         Refleksi: Guru menunjuk siswa menyimpulkan materi yang dipelajari hari ini
·         Tindak lanjut
Guru memberikan tugas untuk mempelajari materi ” masa pendudukan Jepang di Indonesia”

J.                  Media dan Sumber Belajar
Ø  Media :
ü  Peta penyerbuan Jerman atas polan, LCD untuk menanyakan Film PD I dan Jatuhnya Bom Atom
Ø  Media grafis berbentuk gambar peristiwa
a.       Foto perjanjian posdam, peristiwa penyerbuan Jepang ke Asia Pasifik
b.      Gambar kekalahan Jepang di perbatasan Birma dan India
c.       Gambar hancurnya kota Horosima Nagasaki karena bom Atom
d.      Gambar  tokoh-tokoh Perang Dunia II ( Hitler, Mussolini, MC Athur dll)
e.       Peta penyerbuan Jepang ke Indonesia
Ø  Alat : Spidol, kertas karton yang telah  ditempel peristiwa perang dan diberi tali.,
Ø  Sumber  belajar dan buku acuan
Sumber belajar : Guru, internet,buku
Buku acuan
a.       Sardiman dkk,2009. Pembelajaran IPS Terpadu 3 untuk kelas IX SMP dan MTs. Platinum PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Solo
b.      Suparman dkk.2004. Pengetahuan Sosial Sejarah.PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta
c.       Sugiharti, 2011. Modul Pembelajaran IPS Kelas IX. SMP Negeri 7 Banjar

K.                Penilaian
            Bentuk Soal     = Essai melengkapi bagan
            Idikator           = Siswa mampu menyusun kronologis jalannya perang dunia II
            Instrumen Soal = Lengkapilah tabel kronologis jalannya perang dunia II. ( C3)

NO
WAKTU
KETERANGAN
1
1 September 1939
Jerman menyerang Polandia sebagai negara netral yang akan mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari Inggris dan Prancis.
2
3 September 1939
............................................................................
............................................................................

3
7 Desember 1939
............................................................................
............................................................................

4
............................
............................................................................
............................................................................

5
............................
............................................................................
............................................................................

6
............................
...........................................................................
.............................................................................

7
............................
Ditandatangi perjanjian Posdam untuk menandai kekalahan Jerman dan tanda berakhirnya PD II
8
............................
............................................................................
............................................................................

      

Kunci Jawaban   dan skor penilaian
Lengkapilah tabel kronologis jalannya perang dunia II
NO
WAKTU
KETERANGAN
Bobot Soal
1
1 September 1939
Jerman menyerang Polandia sebagai negara netral yang akan mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari Inggris dan Prancis.
4
2
3 September 1939
Inggris dan Perancis mengumumkan perang terhadap Jepang
4
3
7 Desember 1939
Jepang menyerang pangkalan angkatan Laut Amerika Serikat (Pearl Harbour),
4
4
1942
Jerman mengalami kekalahan setelah gagal menyerang Rusia, karena terkepung salju di kota Stalingrad
Jepang mulai mendapat kekalahan dari sekutu dalam perang di Laut Karang
4
5
4 Juni 1944
Italia mengalami kekalahan Musolini ditangkap pasukan sekutu
4
6.
6        dan 9 Agustus 1945
sekutu berhasill menjatuhkan bom atom di Hirosima dan Nagasaki,
4
7.
2 Agustus 1945
Ditandatangani perjanjian Postdam antara sekutu dan Jerman
4
8
2 September 1945
Jepang menyerah kepada sekutu
4
     Jumlah Skor Maksimal
32


Nilai Akhir = Skor perolehan X 100
                  Skor Maksimal (32)
 




Kriteria Penilaian
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Memuaskan
≥ 80
Baik
68-79
Kurang
≤ 55




Skor Penilaian dan Nilai Akhir

Skor Perolehan
Skor Maksimal
Nilai akhir
Skor Perolehan
Skor Maksimal
Nilai akhir
1
32
3.1
17
32
53.1
2
32
6.3
18
32
56.3
3
32
9.4
19
32
59.4
4
32
12.5
20
32
62.5
5
32
15.6
21
32
65.6
6
32
18.8
22
32
68.8
7
32
21.9
23
32
71.9
8
32
25.0
24
32
75.0
9
32
28.1
25
32
78.1
10
32
31.3
26
32
81.3
11
32
34.4
27
32
84.4
12
32
37.5
28
32
87.5
13
32
40.6
29
32
90.6
14
32
43.8
30
32
93.8
15
32
46.9
31
32
96.9
16
32
50.0
32
32
100.0



Banjar 31 Juli 2011
Mengetahui                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP N 7 Banjar                                          IPS





Yoyo Sunarya, S.Pd                                               Sugiharti, S.Pd
NIP.19521112 197403 1 006                                 NIP. 19750203200312 2 003