Tuesday, August 28, 2012

Bentuk Relief Daratan Kota Banjar

Oleh : Sugiharti
Taukah kalian bahwa Kota Banjar merupakan daerah dataran dengan luas wilayah mencapai 131,97 km2 dan berada pada ketinggian antara 20 sampai dengan 500 meter di atas permukaan laut (m dpl), dimana lebih Dari 87% diantaranya berada pada ketinggian kurang dari 100 m dpl dan sisanya sebanyak 12,90% berada pada ketinggian 100 -500 m dpl adalah kecamatan Pataruman 21% dari luas wilayahnya . yaitu mencapai sebesar 11,83 km2. Sedangkan kecamatan yang seluruhnya permukaan wilayah berada pada ketinggian 25 m dpl adalah kecamatan Langensari.
Relief wilayah kota Banjar bervariasi sejak dari puncak perbukitan hingga hamparan daratan. Posisi tertinggi adalah puncak bukit Gunung Sangkur dengan ketinggian±356 mpdl,posisi terendah adalah bagian timur tepi sugai Citanduy yaitu Desa Waringin Kecamatan Langensari dengan ketinggian ±16 m pdl. Profil potongan wilayah Kota Banjar masing –masing dilihat dari arah barat timur dan arah utara dan selatan bisa kalian liat pada gambar di bawah ini terdapat dua komplek perbukitan wilayah kota Banjar yaitu:
a.Komplek perbukitan gunung Sangkur ±356 m, Huni ±227 m,Pasir Cabe ±251 m,Pasir Batu karut± 253 m.
b.Komplek perbukitan Gunung Babakan yang terletak di Kecamatan Purwaharja yaitu Gunung Babakan ± 243 m
Selain perbukitan tersebut diatas bentangan relief yang merupakan lahan bergelombang diselingi datar setempat-setempat tersebar di:
1)Desa Situbatu,Desa Neglasari,Desa Cibeureum,Desa Balokang Kecamatan Banjar
2)Desa Purwaharja Kecamatan Purwaharja
3)Desa Binangun,Desa Batulawang,Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman.
Bentangan Relief datar relatif tersebar di wilayah Kota Banjar dan yang menonjol diantaranya adalah:
1)Desa Balokang, Desa Cibeureum, Desa Banjar, dan Desa Mekarsari Kecamatan Banjar
2)Desa Hegarsari, Desa Pataruman, dan Desa Mulyasari di Kecamatan Pataruman
3)Desa Mekarharja ,Desa Raharja, Desa Purwaharja di Kecamatan Purwaharja
4)Kujangsari, Desa Bojongkatong, Desa Rejasari, Desa Langensari, Desa Muktisari, dan Desa Waringinsari di kecamatan Langensari

No comments:

Post a Comment